Analisis SKL – KI –KD dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
PETUNJUK
PENGISIAN:
1.
Cermatilah dalam satu
pembelajaran (PB) dan temukanlah domain sikap, pengetahuan dan keterampilan
2.
Identifikasilah pada setiap
Pembelajaran dalam Subtema yang mengandung domain sikap, pengetahuan dan
keterampilan.
3.
Temukanlah keterkaitan antara
SKL, KI dan KD dalam satu pembelajaran tersebut.
4.
Cermati contoh di bawah ini, dan
lengkapi kolom yang sudah disiapkan yang belum diisi dengan analisis
keterkaitan SKL, KI dan KD.
KELAS : III
|
TEMA : 1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
|
SUBTEMA : 2. Perkembangbiakan Tumbuhan
|
PEMBELAJARAN : 4
|
DOMAIN
|
SKL
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI DAN KD
|
|
SIKAP
|
Memiliki perilaku yang mencermin kan sikap
orang beriman,berakhlak mulia,
berilmu, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
|
PPKn
1.1
Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi
keagungan Tuhan YME atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat,benda dan
sifatnya,energi dan perubahannya,bumi dan alam semesta.
|
1.2.1
Mengidentifikasi contoh sikap
perilaku pengamalan sila pertama pancasila
1.2.1 Menuliskan tahap perkembangbiakan
tumbuhan.
|
Saling
berkaitan
Saling
berkaitan
|
|
PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat dan kemampuannya sebagai anugerah
tuhan.
|
1.1.1
Mempraktikan gerak lokomotor
dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.
|
Saling
berkaitan
|
||||
PENGETAHUAN
|
Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di
lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
PPKn
|
|||
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1 Mengidentifikasi contoh sikap
pengamalan sila pertama Pancasila.
|
Saling
berkaitan
|
||||
Bahasa
Indonesia
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang
perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan
tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
3.2.1 Membandingkan cara berkembang biak
tumbuhan.
|
Saling
berkaitan
|
||||
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
3.1.1 Mengidentifikasi gerak lokomotor yang ada
pada permainan menirukan gerak hewan.
|
Saling
berkaitan
|
||||
KETERAMPILAN
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak
dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya
|
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
PPKn
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
|
|||
Bahasa Indonesia
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
|
4.2.1 Menuliskan tahap perkembangbiakan
tumbuhan.
4.2.2 Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
|
Saling berkaitan
|
||||
PJOK
4.1 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam sebuah
permainan menirukan gerak hewan.
|
Saling berkaitan
|
Rubrik Analisis keterkaitan SKL, KI dan KD
Rubrik inidigunakan fasilitator untuk
menilai hasil kerja menganalisis
keterkaitan KI dan KD dengan indikatorpencapaiankompetensidanmateripembelajaran sesuai lembar
kerja yang tersedia.
Langkah-langkah penilaian
hasil analisis:
1.
Cermati tugas yang diberikankepadapesertapelatihanpada LK -1.4!
2.
Berikan nilai pada hasil analisis sesuai dengan penilaian Anda
terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Sangat Baik ( SB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1.
Identitas:
kelas, tema, subtema, pembelajaran lengkap
dan benar
2.
SKL, KI dan
KD lengkap dan benar
3.
Perumusan
indikator sesuai dengan KI dan kD
4.
Analisis
keterkaitan SKL, KI dan KD tepat
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3aspeksesuaidengankriteria
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 2aspeksesuaidengankriteria
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1aspeksesuaidengankriteria
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar