Rabu, 12 Oktober 2016

analisis kd

Text Box: LK-1.4
 


Analisis SKL – KI –KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PETUNJUK PENGISIAN:
1.       Cermatilah dalam satu pembelajaran (PB) dan temukanlah domain sikap, pengetahuan dan keterampilan
2.       Identifikasilah pada setiap Pembelajaran dalam Subtema yang mengandung domain sikap, pengetahuan dan keterampilan.
3.       Temukanlah keterkaitan antara SKL, KI dan KD dalam satu pembelajaran tersebut.
4.       Cermati contoh di bawah ini, dan lengkapi kolom yang sudah disiapkan yang belum diisi dengan analisis keterkaitan SKL, KI dan KD.

KELAS                     :  III
TEMA                     :  1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
SUBTEMA             :  2. Perkembangbiakan Tumbuhan
PEMBELAJARAN   :  4

DOMAIN
SKL
KI
KD
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI DAN KD
SIKAP
Memiliki perilaku yang mencermin kan sikap orang beriman,berakhlak mulia,  berilmu, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.





PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan YME atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat,benda dan sifatnya,energi dan perubahannya,bumi dan alam semesta.


1.2.1           Mengidentifikasi contoh sikap perilaku pengamalan sila pertama pancasila






1.2.1 Menuliskan tahap perkembangbiakan tumbuhan.











Saling berkaitan













Saling berkaitan





PJOK

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat dan kemampuannya sebagai anugerah tuhan.


1.1.1           Mempraktikan gerak lokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.





Saling berkaitan
PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
PPKn


3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1 Mengidentifikasi contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila.

Saling berkaitan
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.


3.2.1 Membandingkan cara berkembang biak tumbuhan.


Saling berkaitan

PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.1 Mengidentifikasi gerak lokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan.


Saling berkaitan
KETERAMPILAN
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang  produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

PPKn
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.





Bahasa Indonesia
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

4.2.1 Menuliskan tahap perkembangbiakan tumbuhan.

4.2.2 Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.




Saling berkaitan
PJOK
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.



Saling berkaitan



Text Box: R-1.4 

Rubrik Analisis keterkaitan SKL, KI dan KD

Rubrik inidigunakan fasilitator untuk menilai hasil  kerja menganalisis keterkaitan KI dan KD dengan  indikatorpencapaiankompetensidanmateripembelajaran sesuai lembar kerja yang tersedia

Langkah-langkah penilaian hasil analisis:
1.    Cermati tugas yang diberikankepadapesertapelatihanpada LK -1.4!
2.    Berikan nilai pada hasil analisis sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil kerja peserta  sesuai rubrik berikut!

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Sangat Baik ( SB)
90 < AB ≤ 100
1.       Identitas:  kelas, tema, subtema, pembelajaran lengkap dan benar
2.       SKL, KI dan KD lengkap dan benar
3.       Perumusan indikator sesuai dengan KI dan kD
4.       Analisis keterkaitan SKL, KI dan KD tepat
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3aspeksesuaidengankriteria
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
 Ada 2aspeksesuaidengankriteria
Kurang (K)
≤ 70
 Ada 1aspeksesuaidengankriteria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar